Konsep Keselamatan Pasien yang merupakan salah satu upaya menjaga mutu pelayanan kesehatan berdampak terhadap perubahan dalam pemberian layanan kesehatan bagi masyarakat.
Konsep Keselamatan Pasien yang merupakan salah satu upaya menjaga mutu pelayanan kesehatan berdampak terhadap perubahan dalam pemberian layanan kesehatan bagi masyarakat.
Peserta akan dipersiapkan untuk menyusun anggaran yang akurat, terperinci, dan sesuai dengan kebutuhan serta regulasi yang berlaku tentang prinsip-prinsip dan teknik-teknik yang terlibat dalam menyusun anggaran rumah sakit yang efektif, terutama dengan mempertimbangkan rencana pelayanan dan pembiayaan dari asuransi kesehatan nasional (JKN).
Penyusunan laporan keuangan yang berkualitas dapat tercapai melalui tata kelola keuangan di Rumah Sakit yang baik meliputi proses penatausahaan, pencatatan, pembukuan, dan pelaporan, sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku. Laporan keuangan yang telah sesuai dapat menjadi acuan dalam menganalisis laporan keuangan dan dapat mempengaruhi keputusan yang diambil oleh manajemen.
Peserta akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan praktis untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung atau menghambat budaya keselamatan pasien serta mengimplementasikan strategi untuk memperkuat.
Peserta akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan praktis untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung atau menghambat budaya keselamatan pasien serta mengimplementasikan strategi untuk memperkuat.
Pelatihan ini dilakukan dalam rangka mengembangkan pemahaman dan keterampilan staf rumah sakit dalam menerapkan sistem komunikasi yang efektif untuk meningkatkan keselamatan pasien di fasilitas pelayanan kesehatan. Peserta akan diajarkan tentang pentingnya komunikasi yang efektif dalam mencegah kesalahan medis, meningkatkan koordinasi perawatan, dan mengurangi risiko kejadian yang tidak diinginkan
Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada staf rumah sakit tentang konsep biaya satuan, bagaimana menganalisisnya untuk meningkatkan mutu pelayanan, dan pengendalian mutu di rumah sakit. Peserta akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan praktis untuk mengelola biaya secara efisien sambil tetap mempertahankan atau meningkatkan mutu layanan yang disediakan oleh rumah sakit.
Pelatihan ini dirancang untuk memperkenalkan dan membahas konsep-konsep dasar tata kelola yang etis dalam konteks rumah sakit, dengan merujuk pada Kode Etik atau Kodersi yang berlaku. Peserta akan dipersiapkan untuk memahami, menerapkan, dan mematuhi standar etika yang relevan dalam setiap aspek praktik kesehatan di rumah sakit.