Course Image

Pengukuran Monitoring dan Evaluasi di Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Peserta akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan praktis untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung atau menghambat budaya keselamatan pasien serta mengimplementasikan strategi untuk memperkuat.

Tujuan Pelatihan :

Memberikan pemahaman kepada peserta tentang pentingnya budaya keselamatan pasien dan bagaimana membangunnya di Rumah Sakit

Sasaran Pelatihan :

  1. Peserta mampu memahami konsep budaya keselamatan pasien
  2. Peserta mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung atau menghambat pembentukan budaya keselamatan pasien
  3. Peserta mampu mengkomunikasikan informasi medis kompleks dengan jelas kepada pasien dan keluarga mereka

Output Pelatihan :

Survei Budaya Keselamatan Pasien

Persyarat Pelatihan :

  1. Peserta terdiri dari personel yang terlibat dalam pelayanan medis dan operasional rumah sakit
  2. Instansi wajib menyiapkan data pendukung
  3. Masing-masing peserta dihimbau untuk membawa peralatan berupa laptop untuk kegiatan pelatihan  
  1. Budaya Keselamatan Pasien sebagai Pilar Mutu Pelayanan Rumah Sakit sesuai dengan Standar Akreditasi Rumah Sakit
  2.  Peran Leadership dalam Membangun Budaya Keselamatan Pasien untuk Menciptakan Suasana yang Kondusif
  3. Strategi dan Langkah Komprehensif untuk Membangun, Mempertahankan, dan Meningkatkan Budaya Keselamatan Pasien di Rumah Sakit
  4. Latihan Pengukuran Budaya Keselamatan Pasien
  5. Metode Pengukuran Budaya Keselamatan Pasien
  6. Analisa dan Tindak Lanjut Survei Budaya Keselamatan Pasien

Silabus lengkap dapat diakses melalui Silabus Pelatihan 05