Course Image

Menyusun Laporan Keuangan Rumah Sakit Tahun 2024

Penyusunan laporan keuangan yang berkualitas dapat tercapai melalui tata kelola keuangan di Rumah Sakit yang baik meliputi proses penatausahaan, pencatatan, pembukuan, dan pelaporan, sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku. Laporan keuangan yang telah sesuai dapat menjadi acuan dalam menganalisis laporan keuangan dan dapat mempengaruhi keputusan yang diambil oleh manajemen.

Target Pelatihan

Meningkatkan kemampuan dalam memahami penyusunan laporan keuangan yang sesuai standar akuntansi yang berlaku sebagai bahan pengambilan keputusan.

Sasaran Pelatihan

  1. Peserta mampu memahami mekanisme penyusunan laporan keuangan
  2. Peserta mampu mengidentifikasikan transaksi keuangan
  3. Peserta mampu membuat laporan keuangan sesuai standar akuntansi yang berlaku

Output Pelatihan

  1. Laporan Keuangan

Prasyarat Pelatihan 

  1. Peserta terdiri dari Staf Keuangan Rumah Sakit
  2. Instansi wajib menyiapkan data pendukung untuk keperluan penyusunan laporan keuangan sebelum pelatihan berlangsung
  3. Masing-masing peserta dihimbau untuk membawa peralatan berupa laptop untuk kegiatan pelatihan penyusunan laporan keuangan
  1. Dampak Perubahan Kebijakan Standar Akuntansi Keuangan Terhadap Penyusunan Laporan Keuangan Rumah Sakit
  2. Mengenal SAK Entitas Privat Pengganti SAK ETAP
  3. Persamaan Dasar dan Siklus Akuntansi Rumah Sakit Berbasis SAK Entitas Privat
  4. Daftar Akun Rumah Sakit dan Prinsip Penyusunannya Sesuai SAK Entitas Privat
  5. Pencatatan dan Pengakuan Pendapatan dan Beban Rumah Sakit Sesuai SAK Entitas Privat
  6. Pencatatan dan Pengakuan Aset Rumah Sakit Sesuai SAK Entitas Privat
  7. Penyusunan Buku Besar dan Neraca Saldo Rumah Sakit Sesuai SAK Entitas Privat
  8. Penyajian Laporan Keuangan Rumah Sakit Berbasis SAK Entitas Privat

Detail silabus dapat diakses melalui Silabus Pelatihan 06